Selamat Datang di Website Dinas Pedagangan Kota Balikpapan

Pelayanan Seksi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga

Pelayanan Pada Seksi Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga :

  1. Pembinaan penyelenggaraan perlindungan konsumen;
  2. Sosialisasi informasi dan publikasi perlindungan konsumen;
  3. Pelayanan dan penanganan penyelesaian sengketa konsumen skala kota;
  4. Memasilitasi pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK);
  5. Sosialisasi kebijakan barang beredar dan jasa, barang dalam keadaan terbungkus (BDKT) serta penegakan hukum perlindungan konsumen melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perdagangan;
  6. Pembinaan dan pemberdayaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perdagangan;
  7. Pemberian pelayanan informasi dan pengawasan terkait SNI (Standar Nasional Indonesia);
  8. Pembinaan, penyuluhan dan pengawasan kemetrologian;